Rabu, 01 Februari 2017

pesatnya penjualan motor enduro

diam-diam menjual beberapa edisi Six Days. "Kita jual 7 edisi Six Days, yaitu 125 EXC, 250 EXC, 300 EXC, 250 EXC-F, 450 EXC dan 500 EXC," ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya, semalam
Nama edisi tersebut diambil dari kompetisi balap ketahanan, International Six Days Enduro, yang digelar setiap tahun dan berlangsung 6 hari berturut-turut dengan jarak tempuh lebih dari 1.000 km.
Peserta berada di atas sepeda motor 40 jam dengan menu, lintasan yang didominasi medan off-road, diikuti sekitar 500 biker dari 30 negara. Peserta dibagi dalam beberapa tim untuk memperebutkan World Team Championship.
Untuk edisi ini KTM menambahkan kelengkapan sebagai pembeda dari versi standar. Antara lain 4CS closed-cartridge fork dari WP Suspension yang dapat disete, machine triple clamps, sproket belakang menggunakan Supersprox, cakram belakang model solid, jok Camel SXS, skid plate, pelindung radiator, exhaust silencer, pelek buatan Giant dengan palang hitam dan panel instrumen dari MAE.
Sementara penampilan dibedakan memalui  stiker Six Days pada body, pengaman knalpot, pelindung tangan di setang (handle bar) dan di bibir pelek.
Dijelaskan MKTMI belum dapat memastikan jumlah unit sebagai jatah dari edisi tersebut. Saat ini, untuk setiap model baru ada 1 unit.


KTM 250 EXC-F Six Days Spain… Inilah salah satu motor enduro model year 2017 yang diperkenalkan oleh pabrikan asal Austria, KTM. Bisa dikatakan seri “Six Days” merupakan varian special edition bagi motor enduro buatan KTM, dan KTM 250 EXC-F Six Days Spain adalah versi special edition dari KTM 250 EXC-F. Kalau varian Six Days sebelumnya menggunakan embel-embel “Argentina”, varian Six Days model year 2017 menggunakan embel-embel “Spain” alias Spanyol, sesuai dengan lokasi peluncuran motor yang dilakukan Spanyol, beberapa hari lalu sebelum perhelatan International Six Days Enduro (ISDE) 2017 di Spanyol.

Salah satu pembeda antara KTM 250 EXC-F Six Days Argentina dengan KTM 250 EXC-F Six Days Spain yang paling nampak tentu saja pada bagian bodywork dan livery. Namun selain itu, ternyata banyak banget yang membedakan. Mulai dari arsitektur mesin yang dirancang ulang sehingga lebih powerful hingga sasis pun mendapatkan sentuhan agar motor makin mudah dikendarai serta bisa menikung dengan presisi dan stabil. Asyiknya, frame baru ini memiliki bobot 900 gram lebih ringan dibandingkan dengan model sebelumnya.
Nah, untuk memberikan redaman yang maksimal, KTM memberikan kepercayaan terhadap suspensi upside down WP XPlor dengan diameter 48 mm. Ukuran suspensi memang besar, tapi nyatanya punya bobot yang lebih ringan 200 gram daripada suspensi yang dipakai pada generasi sebelumnya. Pastinya WP XPlor bukanlah suspensi biasa karena suspensi kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. Suspensi sebelah kiri berfungsi untuk compression dumping, sementara suspensi sebelah kanan untuk rebound. Suspensi inipun bisa disetel dengan mudah lantaran ada 30 clicks di masing-masing sisinya mas bro…
Ngomongin soal mesin, KTM 250 EXC-F Six Days Spain mengandalkan mesin satu silinder 4-stroke berkapasitas 249,91 cc yang didapatkan dari ukuran bore 78 mm dan stroke 52,3 mm. Mesin dilengkapi dengan pendingin cairan alias radiator dan dihubungkan ke roda melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Memang KTM nggak menyebutkan berapa tenaga yang dikeluarkan oleh KTM 250 EXC-F Six Days Spain. Namun diyakini tenaganya bisa mencapai 37-40 HP, dan tenaga itu sudah cukup untuk menaklukkan berbagai kondisi medan off road! Power yang besar nggak ada artinya tanpa sistem pengereman yang bagus. Berita baiknya, KTM mempercayakan sistem pengereman buatan Brembo dengan diameter cakram 260 mm di bagian depan dan 220 mm di bagian belakang. Itu sudah sangat efektif untuk menjinakkan tenaga dari mesin KTM 250 EXC-F Six Days Spain…
Secara total, KTM 250 EXC-F Six Days Spain punya bobot hanya 103,5 kg saja mas bro… Bobot ini tentu sangat ringan untuk ukuran motor enduro 250 cc 4-stroke. Bobot ringan dipadu dengan mesin yang powerful pastinya membuat KTM 250 EXC-F Six Days Spain sangat asyik diajak jalan-jalan ke medan off road. Apalagi motor ini memiliki ground clearance yang tinggi plus tangki bahan bakar relatif besar, mencapai 8,5 liter. Salah satu yang menjadi kendala bagi orang Indonesia menaklukkan motor buatan KTM adalah ketinggian joknya. Sama seperti motor enduro KTM lainnya, ketinggian jok KTM 250 EXC-F Six Days Spain mencapai 960 mm. Bagi rider bertinggi badan 175-180 cm pun masih dipaksa jinjit nih… Kira-kira kapan masuk ke Indonesia? Belum ada kabar lanjutan mas bro… Kemungkinan baru tahun depan… Jadi sabar dulu aja yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar